Memang perawatan kendaraan beroda empat dirumah dibilang susah-susah gampang, namun buruknya seringkali kita terlalu mengabaikan perawatan kendaraan beroda empat itu sendiri. Yang pada balasannya akan menjadikan kerusakan pada sistem pun akan terjadi sedini mungkin. Berikut BintangOtomotif berikan tips mengenai kesalahan perawatan kendaraan beroda empat yang sering terjadi disekeliling kita.

Kesalahan yang pertama yang sering terjadi yaitu menghidupkan AC pada RPM tinggi. Biasakanlah menghidupkan AC kendaraan beroda empat dikala Rotation Per Minute (RPM) masih rendah atau dikala mesih idle dikala pedal gas tidak diinjak. Jangan pernah menyalakan AC dikala kendaraan beroda empat masih melaju kencang dan RPM tinggi. Hal tersbut untuk menghindari terjadinya goresan keras antara pulley dan pressure plate pada kompresor AC, yang akan menciptakan berat keja mesin.

Kesalahan kedua yaitu mencuci kabin memakai air. Akibat perlakuan ini kemungkinan akan melemahkan sistem audio. Bahkan sistem audio akan tejadi kerusakan kalau komponen kelistrikan terkena air. Kemungkinan besar yang terjadi yaitu cuilan bawah kendaraan beroda empat akan mengalami korosi. Solusinya yang paling baik ialah membersihkannya dengan memakai lap yang higienis namun lembab.

Kesalahan berikutnya yaitu mencuci dengan deterjen. Memang secara kasat mata kendaraan beroda empat akan terlihat bekilau dikala dicuci dengan deterjen. Namun dibalik itu materi yang terkandung pada deterjen dapat merusak warna eksterior. Lebih baiknya gunakanlah shampo khusus bodi mobil.

Kesalahan yang dianggap remeh berikutnya yaitu menghidupkan mesih di pagi hari sambil menginjak pedal gas. Jika hal tersebut sering dilakukan maka akan menyebabkan efek yang jelek pada kendaraan. Itu dikarnakan belum sempurnanya pelumas melumasi mesin dikala mesin gres dinyalakan. Gesekan yang terjadi secara tiba-tiba tanpa disertai oli akan menjadikan usia mesin semakin pendek.

Kesalahan yang terakhir yaitu jarang melaksanakan servis dan hanya mengganti oli. Kebanyakan pemilik kendaraan mereka hanya mengganti oli, perseneling, dan garden tanpa menservis kendaraan. Mereka menganggap bahwa hal tersebut sudah termasuk cuilan dari perawatan mesin yang mewakili servis. Cara tersebut salah karna mesin akan semakin optimal dikala sepenuhnya diperhatikan. Sehingga kendaraan beroda empat tersebut terasa nyaman dikala digunakan.